Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya


Kisah Sukses Sosok Pendiri Indomaret, Salah Satu Taipan Indonesia Berbelanja ke minimarket niscaya sudah dialami banyak orang. Hal tersebut alasannya adalah minimarket memiliki banyak sekali produk rumah tangga yang anda perlukan. Salah satu minimarket terpopuler di Indonesia yakni Indomaret. Indomaret bangun dibawah naungan sosok pendiri Indomaret  yang terpopuler di tanah air, yakni Salim Group.





Salim Group sendiri didirikan oleh Soedono Salim atau Liem Sioe Liong yang merupakan orang tiongkok yang merantau di Indonesia sejak periode penjajahan Belanda. Beliau sukses membuatkan banyak sekali perusahaan ternama. Hingga sekarang, perusahaannya masih dilaksanakan oleh putranya yakni Anthony Salim. 





Daftar Tulisan


Sekilas Tentang Indomaret





Indomaret merupakan gerai minimarket yang dibentuk dengan metode franchise oleh anak perusahaan Salim Group. Sejak tahun 1988 hingga tahun 2021 ini, Indomaret telah berhasil menyebarkan pangsa pasar pemasaran produk rumah tangganya di 18.939 gerai di seluruh Indonesia.





Produk-produk yang dijualnya meliputi makanan ringan/siap saji, minuman dalam bungkus, kosmetik, peralatan rumah tangga, obat-obatan, sayur dan buah-buahan, pembayaran elektronika, dan sebagainya. Hal ini membuat lebih mudah para konsumen untuk berbelanja produk dan melakukan pembayaran dalam satu tempat dan satu waktu.





Visi Indomaret





Seperti perusahaan yang lain, Indomaret juga memiliki visi yang turut dikembangkan dari dulu sampai sekarang. Visinya adalah “Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggil dalam persaingan global. 





Makna dari visi tersebut sebetulnya Indomaret dikembangkan sebagai aset terbesar skala nasional. Dimana pengembangannya adalah dengan cara membuka ritel-ritel dengan tata cara waralaba. Pelayanan terbaik senantiasa diberikan dari karyawannya kepada para konsumennya. Hal ini menyebabkan Indomaret sebagai minimarket yang bisa berkompetisi secara global.





Sosok Pendiri Indomaret





Sudah banyak yang mengenali bahwa sosok pendiri Indomaret yakni seorang konglomerat asal Tiongkok yang bisa menuai hasil di Indonesia. Beliau yaitu Soedono Salim (Liem Sioe Liong) yang lahir pada tanggal 19 Juli 1916 di Tiongkok dan meninggal di Singapura pada tahun 2012.





Di balik kesuksesannya, Soedono Salim memang ialah langsung yang gesit dalam pekerjaannya sejak di usia belia. Awal rintisan kariernya, beliau bisa mendirikan bisnis rempah-rempah dan juga tekstil.  Secara sedikit demi sedikit, Soedono Salim bisa mendirikan lebih dari satu perusahaan yang masih kuat berdiri sampai sekarang. Salah satunya ialah Indomaret.





Indomaret mulanya diresmikan pada tahun 1988 di daerah Ancol. Bangunannya masih berbentuktoko biasa. Mulai dari situlah, jejak Indomaret berkembang dari satu gerai di Jakarta, merambah sampai ke banyak sekali pelosok di Indonesia. Setelah Om Liem memasuki kala bau tanah, sampai meninggal di tahun 2012, Indomaret sekarang dipegang oleh putranya adalah Anthony Salim.





Penerus Indomaret





Anthony Salim atau Liem Hong Sien merupakan salah satu putra dari sosok pendiri Indomaret, Soedono Salim. Anthony lahir di Kudus pada tanggal 25 Oktober 1949. Berbagai cabang bisnis yang dahulu diresmikan oleh ayahnya sekarang ia teruskan bersama istrinya, Fransiscus Welirang. Akan namun, CEO Indomaret saat ini bukanlah Anthony, melainkan dipegang oleh Sinarman Jonathan.





Berbagai penemuan yang dikembangkannya pada bisnis retail Indomaret ini bisa menciptakan laba yang besar. Diketahui, pada tahun 2019 Anthony Salim tersorot oleh majalah Forbes mempunyai kekayaan bersih hingga 5,5 miliar USD. Hal tersebut alasannya adalah bisnis yang dijalankannya tidak cuma menjangkau pangsa pasar lokal saja, tetapi hingga ke pasar internasional.





Kemudian, Indomaret yang dikenal penduduk bernaung di bawah anak perusahaan PT Indomarco Prismatama. Setelah diakuisisi oleh PT Dyviacom Intrabumi Tbk, Indomarco Primatama menjelma PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk yang mana berstatus menjadi induk perusahaan Dyviacom.





Konsep Bisnis Waralaba





Indomaret menjadi penggagas hadirnya rancangan waralaba di bidang minimarket dengan pemasaran produk rumah tangga di Indonesia. berawal di tahun 1997 yang mampu membuka 230 gerai minimarket, Indomaret secara sedikit demi sedikit mampu mendirikan ribuan gerai baru di aneka macam daerah, tidak cuma di DKI Jakarta saja.





Karena desain bisnis waralabanya yang popular di dunia minimarket, Indomaret berhasil menyabet penghargaan selaku Perusahaan Waralaba Unggul di Tahun 2003. Indomaret juga memiliki rekanan dengan berbagai kawan perjuangan. Diantaranya yakni usaha individual, badan usaha maupun koperasi.





Pendapatan Indomaret





pemilik Indomart




Tercatat dalam akumulasi pendapatan tahun 2020, Indomaret bisa meraih pemasukan sampai Rp15.86 triliun dari seluruh gerai Indomaret yang tersebar. Sementara keuntungan higienis yang didapatkannya sebesar Rp328.8 miliar yang juga akumulasi laba tahun 2020 dari seluruh gerai Indomaret di Indonesia.





Penyebaran gerai Indomaret hingga bulan Juni 2021, tercatat tersebar di tempat Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Madura, Bali, NTB dan Maluku. Wajar saja, pemasukan dan laba sebesar tersebut diraih Indomaret alasannya adalah nyaris 18.939 gerai di seluruh Indonesia mengalami peningkatan konversi pemasaran produk. 





Selain itu, teknik marketing juga dijalankan untuk menarik banyak pelanggan. Sehingga setiap hari pun, gerai Indomaret tidak akan pernah mengalami sepi penjualan. Salah satu penemuan penjualan yang dikembangkan Indomaret yakni sistem belanja online melalui webnya yang berjulukan klik Indomaret.





Sehingga selain customer dapat membeli di gerai fisik, anda juga mampu membeli melalui gadget anda secara online. Hal ini akan mempermudah para pelanggan yang sedang tak mau keluar rumah. Khususnya di musim pandemi dikala ini yang mana aktivitas luar rumah sungguh dibatasi.





Ciri Khas dan Karakteristik Indomaret





Setiap bidang usaha niscaya memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Seperti Indomaret, yang memiliki motto “Mudah dan Hemat”. Logonya pun terdiri dari komponen warna biru, merah, dan kuning. Dimana masing-masing warna mempunyai filosofi tersendiri yang mendeskripsikan tentang bidang bisnisnya.





Warna biru ialah simbol yang mengakibatkan kehangatan, kematangan dan ketenangan ketika Indomaret melayani para customer. Warna merah adalah simbol keberanian sebagai pionir retailer yang unggul. Sementara warna kuning merupakan simbol yang ceria dan ikhlas dalam melayani customer.





Kemudian adapula maskot khas Indomaret yang berjulukan Si Domar. Si Domar sendiri digambarkan selaku semut. Alasan dipilihnya semut selaku maskot Indomaret karena semut memiliki sifat yang bersungguh-sungguh, royal, ramah di lingkungan hidupnya. Selain itu, semut juga memiliki kerjasama team yang bagus. Begitu pula harapan yang diambil Indomaret dari sosok Domar tersebut.





Penghargaan yang Diraih Indomaret





Karena memiliki jasa yang besar dalam membuatkan bisnis retail di seluruh kawasan Indonesia, Indomaret banyak dianugerahi penghargaan dari banyak sekali pihak.





  • Diawali dari penghargaan dari Presiden Megawati tahun 2003 selaku Perusahaan Waralaba 2003. 
  • Lalu ditahun 2009 masuk kedalam Top Franchise se-ASEAN.
  • Penghargaan ketiga yaitu Indomaret masuk ke jajaran 250 Top Indonesia Original Brands tahun 2012.
  • Di tahun 2013 juga masuk lagi penghargaan berupa Franchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of minds dan Social Media Award.
  • Hingga di tahun 2016, Indomaret juga menerima penghargaan dari Presiden Jokowi berupa Piala Waralaba 2016.




Itulah pembahasan mengenai sosok pendiri Indomaret yang dapat anda pahami. Kesuksesan yang berhasil di raih oleh Soedono Salim yakni dengan satu kunci, ialah kegigihan. Apapun pekerjaan yang sedang kita kerjakan, maka kita harus bersyukur, dan senantiasa kembangkan potensi sebab potensi perjuangan selalu terbuka lebar. 


Comments

Popular posts from this blog

How To Cure Swollen Gums And Toothache Naturally In 2023

The Best Istilah Ukuran Dalam Bahasa Inggris 2023

How To Get Rid Of Dry, Itchy Cough